5 Air Terjun Di Sumbawa, Dari Ujung Timur Sampai Barat Semuanya Menakjubkan! -->
Cari Berita

Advertisement

5 Air Terjun Di Sumbawa, Dari Ujung Timur Sampai Barat Semuanya Menakjubkan!

Rabu, 29 Agustus 2018

Foto: air terjun Kalela, KSB. 

Indikatorsumbawa.com - Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat. Dengan keindahan alamnya yang memukau, Sumbawa menyimpan potensi wisata yang seru dan menyenangkan. Rabu, (29/08/18).

Pulau sumbawa terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. kali ini indikator Sumbawa news akan merekomendasikan kepada masyarakat Indonesia berbagai tempat wisata air terjun di kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Berikut  5 obyek wisata air terjun di Sumbawa dan Sumbawa Barat yang bisa Anda kunjungi versi indikator Sumbawa news.

1. Air terjun Kalela
Air Terjun Kalela terletak di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saya mengetahui keberadaan air terjun ini dari sebuah blog di internet. Air Terjun Kalela cukup unik. Selain Kalela, air terjun ini memiliki beberapa nama lain, yaitu Air Terjun Ai Koa, Air Terjun Jantup, dan Air Terjun Semporon Tangkil. Saya tidak tahu nama sebenarnya air terjun ini.


Hasil gambar untuk air terjun kalela

Untuk mencapai Air Terjun Kalela, dari Pelabuhan Poto Tano arahkan kendaraan Anda menuju Taliwang. Dari Taliwang lanjutkan perjalanan ke selatan menuju Kota Kecamatan Jereweh. Dari Jereweh, bertanyalah ke penduduk setempat jalan menuju Air Terjun Kalela. Air terjun ini jaraknya hanya sekitar 3 km dari Desa Jereweh.

2. Air Terjun Ds Rarak Ronges Brangrea
Rarak dan ronges adalah dua buah dusun kecil yang berada diatas pegunungan dengan ketinggian sekitar 800 meter dpl. Berada di dataran tinggi menjadikan rarak ronges sebagai daerah yang cocok ditanami berbagai pohon buah-buahan tropis seperti durian, rambutan, dll serta sangat cocok untuk perkebunan kopi, teh, cengkeh, tembakau, lada dan vanili yang sering sering disebut sebagai emas hijau ini. Kopi luwak yang berasal dari daerah ini merupakan kopi luwak dengan kualitas terbaik yang harus anda cicipi kelezatannya.


Hasil gambar untuk air terjun rarak ronges brangrea

Daerah ini anda juga akan menjumpai air terjun yang terletak agak jauh dari pemukiman.  Sejuknya udara pegunungan, aneka macam cendawan, kicauan burung Sangkalawi dan kokok ayam hutan akan membuat anda terpesona oleh potensi daerah yang layak menjadi wanawisata ini.

3. Air terjun Agal
Air Terjun Agal, Alamat Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kalau air terjun yang satu ini bisa dibilang masih paling perawan. Karena letaknya yang tersembunyi di balik rimbunnya hutan tropis Indonesia, membuat air terjun satu ini jarang dijamah orang. 


Hasil gambar untuk air terjun agal

Berada Pegunungan Agal, air terjun tersebut mempunyai akses yang sangat menantang dan ketinggian yang lumayan yaitu sekitar 100 meter. Kamu harus mengarungi sungai selama kurang lebih 15 menit untuk bisa sampai ke sini. Kendati perjalanan cukup sulit, namun tidak akan kecewa sesampainya di sini. Pemandangan yang luar biasa sangat cocok untuk kamu yang hobi berfoto.

4. Air terjun teba murin
Air Terjun Teba Murin adalah wisata Air terjun yang ada disalah satu desa Lenangguar kecamatan Lenangguar, Sebelah selatan Sumbawa Besar. Jarak dari Kota Sumbawa 45 KM. Air terjun ini sangat memukau bagi pendatang. Karena menyajikan tekstur alam yang masih terjaga. 


Gambar terkait

Dan sekarang Wisata ini sedang diperbaiki  (Penambahan tangga dan baruga). Keunikan dari air terjun ini adalah ada sebuah sumur besar  di bawah air terjun yang mencapai kedalaman 5-7 meter. Air sejuk dan sangat alam. Untuk rekreasi bagi keluarga adalah sangat pas.

5. Air terjun Lampas
Air terjun Lampas Pasan dapat ditempuh dari pusat Kecamatan Lopok menuju Bendungan Mama dengan jarak tempu sekitar 5 km. Selanjutnya dari bendungan menuju lokasi harus menggunakan perahu nelayan dalam waktu sekitar 30 menit menuju daerah hulu bendungan. 

Gambar terkait

Selama perjalanan menyusuri bendungan, kita dapat menikmati suasana alam sekitar yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan dengan vegetasi yang masih lebat serta berbagai jenis satwa seperti burung bangau, rajawali, kutilang dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat melihat berbagai aktivitas masyarakat setempat dalam menangkap ikan, baik dengan cara menjaring, menjala dan memancing.

Itulah sebagian tempat wisata air terjun di Sumbawa dan Sumbawa Barat yang wajib masuk dalam bucket list liburanmu nanti.

Reporter : Muslimin