Alih Fungsi Terminal: Keberpihakan dan Efektivitas Tata Ruang Kota -->
Cari Berita

Advertisement

Alih Fungsi Terminal: Keberpihakan dan Efektivitas Tata Ruang Kota

Sabtu, 04 Agustus 2018


Foto: Kondisi Taman Kota di pinggir jalan raya Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa

Pada tahun 2016, satu-satunya terminal di Kecamatan Alas beralih fungsi menjadi taman kota. Hal ini menyebabkan angkutan umum parkir liar di sekitaran taman kota yang terletak di pinggir jalan raya, karena tidak ada lagi terminal sebagai tempat singgah.

Kecamatan Alas merupakan salah satu Kecamatan dengan jumlah penduduk terpadat di bagian Barat Kabupaten Sumbawa Besar. Maka tidak heran jika Kecamatan Alas menjadi pusat perbelanjaan kebutuhan pokok bagi Kecamatan-Kecamatan tetangga. Jadi wajar setiap harinya terminal Alas selalu dipadati oleh angkutan umum.

Namun sangat disayangkan terminal telah dialih fungsikan menjadi taman kota, akibatnya tidak ada tempat yang layak bagi angkutan umum dan masyarakat pengguna jasa angkutan umum.

Foto: Kondisi Taman Kota yang dipadati oleh angkutan umum. 

Harun Hadiatriansyah, salah satu pemuda di Kecamatan Alas mengkritisi kebijakan tata ruang kota yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Menurut Harun alih fungsi terminal Alas tidak efektif dan tidak memenuhi unsur keadilan.

“Penyusunan rencana tata ruang kota haruslah mengacu pada unsur-unsur kepentingan umum, terutama unsur keadilan dan efektivitas pembangunan. Menurut saya kebijakan alih fungsi tidak berkeadilan karena tidak berpihak kepada supir angkutan umum, dan tentu tidak efektif karena kelihatan tidak elok ada banyak angkutan umum di taman kota” papar Harun, Sabtu (04/08/18).

Terminal menjadi infrastruktur yang masih sangat dibutuhkan di Kecamatan Alas, karena banyak angkutan umum yang transit di Kecamatan Alas.

“Harapannya ke depan pemerintah dapat mengupayakan pembangunan terminal agar kebutuhan supir angkutan umum maupun masyarakat pengguna jasa angkutan umum dapat terfasilitasi. Hal itu harus diupayakan untuk menciptakan kembali tata ruang kota yang memadai,” paparnya

Reporter : Muslimin
Editor      : Syamsul B