Balapan Ayam, Desa Berare Penuh Dengan Budaya -->
Cari Berita

Advertisement

Balapan Ayam, Desa Berare Penuh Dengan Budaya

Sabtu, 04 Agustus 2018

Foto: Balapan Ayam di desa Berare, Moyo Hilir, Sumbawa, NTB

Indikatorsumbawa.com - Balapan Ayam/sampo ayam yang di selenggarakan oleh pemuda Desa Berare, kecamatan Moyo Hilir, kabupaten Sumbawa,  Sabtu (04/08/18).

Wartawan indikator Sumbawa Robi Ridwan melaporkan bahwa Sampo ayam/Balapan ayam ini di hadiri oleh 400 lebih ayam yg di ikut sertakan dalam perlombaan dan ratusan penonton yg menghadiri perlombaan. Ada banyak desa yang ikut mensukseskan acara tersebut dari Kabupaten sumbawa barat. Ada taliwang, karang manala, desa perjuk dan masih banyak lagi yang belum di sebutkan. Sedangkan di wilayah sumbawa di hari lagi oleh desa berare sebagai tuan rumah, desa ngeru, utan, alas dan masih banyak lagi desa-desa yg ikut berkompetisi.

"iya betul, hari ini, Sabtu tanggal 04 agustus 2018, Waktu penyelenggra dari jam 10:00 WITA sampai dengan selesai.  Kemudian acara balapan ayam yang di hadiri oleh beberapa desa dari ujung timur sampai barat kabupaten Sumbawa dan Sumbawa barat", ucap Robi.
Foto: Persiapan untuk Start

Kegiatan perlombaan ini di ketuai oleh bos Amba (ketua panitia) untuk merebutkan piala tetap kepala desa Berare dan kuda untuk sang jawara/ Juara utama. Juara utama di ukur dari jika mengenai kayu/saka yang di pasang di tengah serta kecepatan waktu.

"untuk menilai sang juara maka harus mengenai saka serta kecepatan waktu," terang Robi.
Foto: Pengunjung atau penonton balapan ayam

Acara ini dihadiri oleh penonton muda hingga lansia serta Harapannya dari acara ini dapat menjaga budaya tradisonal yang harus dijaga serta menjaga silaturrahmi antar desa.

"kita kan suku samawa, kaya dengan kebudayaan, ini harus kita lestarikan," ujar pengunjung yang tak ingin di sebut namanya.

Reporter : Robi R
Editor    : Muslimin