Desa Gapit Bersama Kelompok 3 KKN UTS Melakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Gempa Di Lombok -->
Cari Berita

Advertisement

Desa Gapit Bersama Kelompok 3 KKN UTS Melakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Gempa Di Lombok

Selasa, 07 Agustus 2018

Foto: Mahasiswa kelompok 3 KKN UTS bersama pemuda dan perangkat desa Gapit, empang, kab. Sumbawa. 

Mahasiswa KKN Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bersama para pemuda menggelar penggalangan dana dan barang-barang layak pakai untuk membantu meringankan beban korban gempa bumi di Lombok di desa Gapit, kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, Selasa (07/08/18).

Muhammad Ibadurrahman, Ketua kelompok Kkn 3 mengatakan Pasca gempa bumi Lombok yang berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR), karena mengingat hingga tanggal 7 agustus 2018 pukul 08.00 WIB telah terjadi 234 gempa susulan, untuk itu kita melaksana penggalangan dana.

"Kita sudah melakukan penggalangan dana dan terkumpul Rp 4.022.00, baju 35 kg dan beras 150kg," terangnya.

Menurutnya, aksi penggalangan dana sangat bermanfaat mengingat adanya gempa bumi susulan terjadi berkali-kali dan juga banyak korban berjatuhan yang membutuhkan pertolongan lebih. Anak-anak pun banyak yang trauma dan membutuhkan trauma healing oleh relawan profesional.

"Rencananya kalau nanti ada dampak yang lebih besar dari gempa bumi susulan yang berkelanjutan, jika memungkinkan, kita adakan kegiatan donor darah oleh PMI Sumbawa Besar untuk menambah stok darah di desa Gapit” ucapnya.

Baca: Aksi Peduli Lombok, Aliansi Mahasiswa Sumbawa - Malang Tampilkan Kesenian

Selain itu, mereka juga melakukan donor darah di desa Labu jambu, Tarano yang diselenggarakan oleh PMI Sumbawa Besar pula. Ini adalah tindakan nyata mereka sebelum dapat terjun langsung ke lokasi.

Baca juga: Gempa 7,0 SR, BMKG : Potensi Tsunami

Sebagaimana diketahui, pada Minggu (5/8/2018) lalu gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Lombok. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 91 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

"saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pemuda desa Gapit beserta perangkat desa dan seluruh masyarakat yang ikut membantu pengumpulan dana serta bahan-bahan sandang, pangan dan papan untuk keluarga kita dibLombok, " ujar Mihammada.

Reporter : Robby R
Editor      : Syamsul B