Gempa 6 SR Guncang Iran, 2 Orang Tewas -->
Cari Berita

Advertisement

Gempa 6 SR Guncang Iran, 2 Orang Tewas

Minggu, 26 Agustus 2018

Foto: korban gempa dan rerentuhan bangunan akibat gempa iran. 

Indikatorsumbawa.com - Gempa bermagnitudo 6 mengguncang wilayah Iran barat yang dekat dengan perbatasan Irak pada Minggu (26/08/18).

Di kutip dari (kompas.com), Akibat gempa tersebut setidaknya dua orang dilaporkan tewas dan lebih dari 200 lainnya luka-luka dengan enam di antaranya kritis.

Data dari Badan Survei Geologi AS (USGS) menunjukkan gempa berpusat di 26 kilometer barat daya Kota Javanrud, Provinsi Kermanshah.

Merupakan gempa dangkal dengan kedalaman 10 kilometer dan terjadi pada Minggu (26/8/2018) pukul 02.43 dini hari waktu setempat.

Kepala Departemen Gawat Darurat di Universitas Ilmu Kedokteran Kermanshah, Saeb Sharidari melaporkan, akibat gempa tersebut, setidaknya dua orang dilaporkan meninggal dan 241 mengalami luka-luka, enam di antaranya kritis.

"Dua orang korban tewas yakni seorang perempuan hamil dan seorang pria berusia 70 tahun yang menderita serangan jantung," kata Sharidari dilansir AFP.

Sementara kantor berita IRNA, mengutip pernyataan pejabat setempat, melaporkan sambungan listrik di sekitar 70 desa yang terdampak gempa sempat diputus sementara, namun 50 di antaranya segera dipulihkan kembali menjelang matahari terbit.

Mohammad Reza Amirian dari Bulan Sabit Merah, menambahkan, setidaknya ada 21 gempa susulan yang dirasakan warga.

Akibat gempa yang cukup besar, pihaknya turut mengkhawatirkan akan adanya masalah dalam ketersediaan air minum karena infrastruktur di desa yang rusak, namun disampaikannya, situasi saat ini belum mengharuskan dilakukannya pendistribusian bahan pangan maupun tenda.

"Listrik ke beberapa desa diputus sementara. Pusat penanggulangan krisis juga telah didirikan dengan rumah sakit dan organisasi pertolongan disiagakan," kata Gubernur Kermanshah, Houshang Bazvand.

Direktur Manajemen Krisis Kermanshah, Reza Mahmoudian mengatakan, situasi saat ini setelah gempa masih terkendali dan pihaknya belum mengirimkan permohonan bantuan ke provinsi-provinsi tetangga.

Gempa bermagnitudo 7,3 juga sempat terjadi di Provinsi Kermanshah hingga melintasi peratasan Irak pada November lalu dan telah menewaskan hingga 620 orang di Iran dan delapan orang di Irak.

Lebih dari 12.000 orang terluka dan sekitar 30.000 rumah rusak, menyebabkan banyak tunawisma di awal musim dingin di wilayah pegunungan.

Reporter: Muslimin