Inilah 3 Istana Peninggalan Kesultanan Sumbawa Yang Wajib Anda Kunjungi -->
Cari Berita

Advertisement

Inilah 3 Istana Peninggalan Kesultanan Sumbawa Yang Wajib Anda Kunjungi

Jumat, 17 Agustus 2018



Foto: Istana peninggalan kesultanan sumbawa di Kota Sumbawa Besar. 
Indikatorsumbawa.com - Destinasi wisata adalah salah satu tujuan liburan akhir pekan, apalagi pada momen kemerdekaan Indonesia sampai dengan lebaran Idul Adha 1439 H, Jum'at (17/08/18).

Tentu sumbawa memiliki tempat untuk dikunjungi, khusus kali ini kita akan memperkenalkan tempat-tempat sejarah sebagai lokasi wisata anda. Tempat itu, berada di pusat Kota Sumbawa Besar. Tempat-tempat itu sebagai Suatu bukti sejarah kerajaan Sumbawa yang masih berdiri kokoh. Inilah 3 istana kerajaan atau kesultanan Sumbawa yang wajib anda kunjungi.

1. Istana Dalam Loka

Foto: istana dalam loka. 

Istana dalam loka berada di kelurahan pekat, istana dalam loka adalah istana yang di buat pada masa kerajaan sumbawa. Menurut cerita masyarakat setempat istana dalam loka memilik tiang sebanyak 99 batang sesuai dengan jumlah asmaul husna atau asma ALLAH. Dibangun pada tahun 1885 pada masa Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III. Pada waktu itu Istana Dalam Loka berfungsi sebagai pusat pemerintahan sekaligus kediaman sultan. Fungsinya berubah setelah sultan pindah ke Istana Bala Puti pada tahun 1934.

2. Istana bala Kuning

Foto: istana bala kuning.

Salah satu bangunan bersejarah bergaya eropa peninggalan pemerintahan Kesultanan Sumbawa selain Dalam Loka. Sesuai namanya istana yang dibangun tahun 1942 ini di cat warna kuning yang merupakan warna lambang kesultanan Sumbawa. Istana Bala Kuning juga tempat menyimpan benda-benda pusaka Kesultanan Sumbawa berupa lambang kebesaran kesultanan (Parewa Kamutar), piranti upacara kesultanan (Parewa Tokal Adat Ode), pakaian kebesaran, aneka keris dan senjata pusaka, berbagai jenis keramik kuno, peralatan makan minum, foto-foto sejarah, Al-Qur’an tulisan tangan Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat sekitar tahun 1784 dan benda pusaka lainnya.

3. Istana Bala Putih

Foto: istana bala putih. 

Istana Bala Puti atau lebih dikenal sebagai Wisma Praja selesai dibangun tahun 1931 oleh Sultan Muhammad Kaharuddin III. Pembangunan ini menjadi momentum peralihan menuju era pemerintahan swantantra sultan yang lebih modern. Ini terlihat dari konsep bangunan yang terinspirasi arsitektur Perancis. Dihalaman istana terdapat sejumlah pohon sawit berusia ratusan tahun sumbangan dari Kesultanan Deli. Istana Bala Puti menjadi bagian perjalanan sejarah kesultanan Sumbawa dan tokoh-tokoh besar pendiri bangsa.Tercatat KH Ahmad Dahlan, Gubernur Jenderal Belanda bahkan Soekarno pernah tiga kali singgah di istana ini. Saat ini istana bala putih dalam proses perbaikin yang di sebabkan oleh kebakaran.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Desa Penyaring Yang Perlu Anda Kunjungi

Bagaimana, indahkan, tunggu apalagi, kosongkan waktu anda untuk berlibur ke Kota Sumbawa Besar.

Reporter: Muslimin
Editor     : Robby R