Memperingati Bom Atom Hiroshima, Jepang serukan Anti Nuklir -->
Cari Berita

Advertisement

Memperingati Bom Atom Hiroshima, Jepang serukan Anti Nuklir

Senin, 06 Agustus 2018

Foto : ilustrasi bom atom Hiroshima. 

Indikatorsumbawa.com - Pemerintah Kota Hiroshima, Jepang, mengenang tragedi pada 6 Agustus 1945, yakni dijatuhkannya bom atom oleh Amerika Serikat (AS). Warga di kota itu menggelar upacara untuk mengingat orang-orang yang tewas dan terluka oleh senjata mengerikan 73 tahun silam.

Serangan bom atom AS di Hiroshima kala itu menewaskan 140.000 orang. Tiga hari kemudian, AS melakukan pemboman serupa di Nagasaki yang menewaskan lebih dari 70.000 orang. Pemboman itu menyebabkan Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II. Di kutip dari (sindoNews.com).

Wali Kota Matsui menyerukan para peserta upacara untuk mendengarkan apa yang terjadi dalam peristiwa suram di Hiroshima kala itu. "Seolah-olah Anda dan orang-orang yang Anda cintai ada di sana," seru Matsui. Senin (06/08/18).

Dia mengemukakan kekhawatiran tentang munculnya kebijakan egosentris di dunia dan memperingatkan terhadap gagasan penangkalan nuklir sebagai ancaman terhadap keamanan global. Matsui mendesak para pemimpin dunia untuk terus bekerja demi mencapai dunia tanpa senjata atom.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang juga hadir dalam upacara itu, mengatakan perbedaan antara negara nuklir dan non-nuklir semakin melebar. Namun dia berjanji untuk berbuat lebih banyak guna menjembatani kesenjangan itu.

"Untuk mendapatkan kerja sama dari kedua belah pihak, penting bagi setiap orang untuk memahami realitas tragedi serangan nuklir," kata Abe, seperti dikutip Fox News.

Dia menegaskan kembali janji Jepang untuk mempertahankan prinsip-prinsip damai dan non-nuklir.

Reporter : Muslimin