Pawai Budaya, Kecamatan Seteluk Memperingati HUT RI. -->
Cari Berita

Advertisement

Pawai Budaya, Kecamatan Seteluk Memperingati HUT RI.

Jumat, 17 Agustus 2018

Foto: Pawai budaya kecamatan Seteluk, KSB. 

Indikatorsumbawa.com - Hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus di sambut antusias oleh seluruh masyarakat indonesia, dari Sabang sampai Marauke. Khusus di Nusa Tenggara Barat (NTB)  tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat, menyelenggarakan Pawai kebangsaan Di desa seteluk, jl pendidikan,Kecamatan Seteluk, Jum'at (17/08/18).

Novia Ardana Putri adalah masyarakat Desa Seteluk, Mengatakan kepada indikator sumbawa news, bahwa kegiatan pawai kebangsaan ini dilaksankan untuk menyambut kemerdekaan.

"iya betul bang, kegiatan ini untuk menyambut kemerdekaan, dengan tampilan budaya adat sumbawa di dalamnya," ucap Novia.

Selain itu, Novia menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih 3 jam serta di ikuti oleh beberapa desa.

"kegiatan ini dilaksanakan dari jam 14.00 wita sampai jam 17.00 wita, serta desa-desa yang ikut serta yaitu, seteluk, tapir, rempe, seran, air suning dan meraran.

Selanjutnya Novi menyampaikan bahwa tampilan seniman dan budaya adat dari beberapa budaya di sumbawa serta di ikuti oleh semua elemen masyarakat.


Foto: pawai budaya, Seteluk. 

"jadi, budayanya terdiri dari Nyorong (sorong serah), berodak, iring pengantan, itu nama pawainya di masing-masing spanduk, dan masih banyak lagi serta pawai ini di ikuti oleh dari anak-anak Sekolah Dasar sampai pejabat daerah," terangnya.

Kegiatan ini di mulai dari lapangan serta penutupan di lapangan setelah itu penurunan bendera merah putih.

"kegiatan penutupan kan jam 5 di lapangan desa Seteluk, setelah itu penutupan serta upacara penurunan bendera pusaka merah putih," ujarnya.

Terakhir novia mengatakan bahwa agenda ini di laksanakan setiap tahun yang di laksanakan oleh Kecamatan serta harapan untuk mempertahankan budaya dan melestarikan.

"kegiatan ini setiap tahun menjelang hari kemerdekaan yang di laksanakan kecamatan Seteluk, serta harapan saya dengan pawai ini, semoga mampu membuat kita mencintai budaya kita yaitu sumbawa," terangnya dengan nada superior.

Reporter: Muslimin
Editor     : Robby R