Permen Susu, Khas Desa Penyaring -->
Cari Berita

Advertisement

Permen Susu, Khas Desa Penyaring

Senin, 13 Agustus 2018

Foto: Permen susu desa Penyaring. 

Indikatorsumbawa.com - Desa Penyaring sangat terkenal dengan kerbau, kuda serta sapi hisarnya. Desa yang terletak di wilayah utara kabupaten sumbawa ini sangat terkenal dengan permen susunya, Senin (13/08/18).

Nurhidayati dengan sapaan Nono adalah salah satu pembisnis Permen susu di desa penyaring.

Nono mengatakan kepada indikator sumbawa news bahwa permen susu adalah identitas desa penyaring secara turun menurun terus di kembangkan, bahkan sekarang menjadi usaha masyarakat desa Penayaring.

"iya betul, permen susu berasal dari desa ini, itu sudah jadi identitas kami, kami mampu mempertahankan budaya desa kami dan sekarang kami jadi usaha sebagai penghasilan kami," ucapnya.

Nono menambahkan bahwa setiap hari kita mampu menghasilkan permen susu sesuai kebutuhan pemesan, serta sebagai bentuk kreatifitas kami.

"per-hari saya bisa memproduksi permen susu sebanyak 5 kg, dalam 1 kg isinya sebanyak 140 butir permen, sehingga total permen per-hari sebanyak 700 butir permen," terangnya.

Foto: Lambang UD milik Nurhidayati. 

Selain itu, Nono sekarang sudah mendirikan Usaha Dagang permen susu sebagai bentuk kecintaannya.

"iya benar mas, saya sekarang sudah mendirikan UD RIZKI tepatnya di depan SD 1 penyaring, sekalian untuk menambah rezeki saya," Promosinya.

Nono melanjutkan bahwa untuk membuat permen susu, kita butuh susu sapi hisar (lembu) serta gula Putih atau gula pasir.

"racikannya itu cukup dengan susu sapi hisar atau sapi putih alias (lembuh) serta gula pasir atau gula putih, dan yang lebih penting ikhlas untuk berkreatifitas dan mempertahan budaya, lagian saya melakukan ini dengan cinta dan kasih sayang," terangnya.

Reporter: Muslimin
Editor     : Muhammad SS