Antisipasi Krisis Moneter, Inilah 3 Solusi Dari Indikator Sumbawa News -->
Cari Berita

Advertisement

Antisipasi Krisis Moneter, Inilah 3 Solusi Dari Indikator Sumbawa News

Jumat, 07 September 2018

Foto: ilustrasi krisis moneter.
Indikatorsumbawa.com - kondisi perekonomian Indonesia tidak bisa dipungkiri sedang mengalami ketidak stabilan dengan Nilai tukar Rupiah meningkat sampai harga 15.000 Rupiah per 1 Dollar AS hal tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor. 

Faktor-faktor itu ialah, faktor ekonomi, politik, pertahanan, dan tekonologi. Pertarungan ke empat faktor itu mempengaruhi ke stabilan perekonomian disuatu negara. Meroketnya nilai tukar rupiah disebabkan dibeberapa konflik internasional antar negara seperti Turki-Amerika, China-Amerika serta Amerika latin, sehingga berdampak ke negara berkembang termasuk Indonesia. 

Imbas dari perekonomian internasional tersebut mengakibatkan Investor-investor asing mulai menarik saham dari Indonesia untuk menyelamatkan sahamnya sehingga devisa nasional berkurang. 

Permasalahan tersebut jika dibiarkan tanpa soluli yang jelas akan berakibat buruk terjadi kembali krisis ekonomi yang pernah dihadapi Indonesia tahun 1998, 2007, dan 2008. 

Sehingga solusi dari permasalah ini yang di himpun hasil diskusi indikator sumbawa news terdiri atas 3 poin yaitu:  

Pertama, konglomrat indonesia harus berani menukar dolarnya ke rupiah untuk menambah devisa negara. 

Kedua, pemerintah harus mampu deteksi keunggulan komparatif pada sektor riil Indonesia serta menjadikan  barang untuk di ekspor sehingga membantu devisa negara. 

Ketiga, sektor pariwisata indonesia di kembangkan supaya wisatawan asing berminat untuk berkunjung serta masuk ke indonesia sehingga dapat menstabilkan perkonomian negara. 

Dampak jangka panjang atau efek domino jika ketiga solusi itu tidak di jalankan, maka harga harga barang akan naik, kebutuhan kebutuhan pokok akan saling mempengaruhi dan dampak lebih signifikan jika ini di biarkan terus menerus akan terjadinya krisis moneter. 

Sebelum terjadinya krisis moneter, maka Harapannya solusi dari hasil diskusi indikator sumbawa news dengan tema " Kembalikan harkat bangsa, rupiah harus menguat" yang di pimpin oleh mahasiswa ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Fahril Budiman dan Wakid Attamin. Berangkat dari kajian ini Semoga perekonomian indonesia kembali normal.

Reporter: Muslimin
Editor   : Muhammada Surya S.