Milad Desa Lamenta Menggelar Karapan kerbau, Rusdianto: Kami Merawatnya -->
Cari Berita

Advertisement

Milad Desa Lamenta Menggelar Karapan kerbau, Rusdianto: Kami Merawatnya

Senin, 03 September 2018

Foto: karapan kerbau di desa Lamenta, kecamatan empang
Indikatorsumbawa.com - karapan kerbau atau barapan kebo yang dilakasanakan oleh desa Lamenta, kecamatan Empang, kabupaten Sumbawa, senin (03/09/18).

Karapan Kerbau atau sering disebut oleh orang Sumbawa "Barapan Kebo" yang di gelar pada hari minggu kemarin 2 September 2018. Kegiatan ini salah satu budaya Sumbawa yang mestinya setiap Desa diseluruh Sumbawa dapat melaksanakannya.

Rusdianto, Ketua Umum Front Nelayan Indonesia (FNI) dan juga Caleg PPP Dapil III Nomor Urut 8 ini mendukung penuh kegiatan budaya di desa Lamenta. 

"Satu contoh bagus adalah ide Kepala Desa Lamenta yang bersedia laksanakan kegiatan Karapan Kerbau pada hari ini untuk peringati Milad Desa Lamenta," Tuturnya.

Rusdianto melanjutkan bahwa kebudayaan karapan kerbau mulai bangkit lagi sebagai indikator local wisdom. 

"Apabila motivasi bangkitkan budaya Barapan Kebo ini dilakukan oleh kepada desa, tentu pasti lebih mudah dan meriah. Kemaren, Barapan Kebo sebagai peringati Milad (Ulang Tahun) Desa Lamenta merupakan indikator bahwa budaya tersebut masih ada," Ungkap Rusdianto.

Rusdianto juga berharap jika dipercayai oleh masyarakat menjadi anggota DPRD Sumbawa akan mendukung penuh kegiatan kebudayaan. 

"Sebaiknya pemerintah Kab. Sumbawa memfasilitasi pembangunan stadion Barapan Kebo agar kedepan lebih baik dan pusat pengembangan kreatifitas para pemilik kerbau. Tentu baginya, apabila suatu saat nanti dipercaya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa pada periode 2019 - 2024, maka dua hal yang menjadi usulannya adalah Wisata Kerato Main Jaran dan Wisata Karapan Kebo," Tutup Rusdianto yang akrab dipanggil Rusdianto Samawa.

Harapan kita semua, semoga melalui ulang tahun (Milad) seluruh desa di Kabupaten Sumbawa melakukan kegiatan yang sama. Maka budaya barapan kebo ini akan tetap hidup. 

Reporter: Muslimin
Editor     : Muhammad SS