Sultan Muhammad Kaharuddin IV Mengecam Kegiatan Fashion Show di Istana Dalam Loka -->
Cari Berita

Advertisement

Sultan Muhammad Kaharuddin IV Mengecam Kegiatan Fashion Show di Istana Dalam Loka

Kamis, 13 September 2018

Foto: sultan Muh. Kaharuddin IV (facebook). 
Indikatorsumbawa.com - sebuah video yang beredar di sosial media facebook mempertontonkan sebuah kegiatan fashion Show yang di unggah oleh Rusdianto Samawa menebar kecaman dari masyarakat, kamis (13/09/18).

Kegiatan fashion show tersebut di gelar di dalam istana dalam loka. Sebelumnya perlu diketahui istana dalam loka adalah peninggalan kesultanan sumbawa yang masih di jaga nilai-nilai luhur dan sangat kental keislamannya. 

Dalam video tersebut memperlihatkan pakaian seksi dari model ala eropaan dan american style, sehingga tokoh adat, masyarakat dan Sultan Muhammad Kaharuddin IV angkat bicara. 

"Sangat merusak nilai-nilai Kesamawaan. Inilah yang saya maksud "Hilangnya Tradisi Tama Lamong", ucap Rusdianto. 

selanjutnya Sultan Muhammad Kaharuddin IV mengecam video yang beredar di facebook tersebut. 

"sudah bablas, Memang kalau terus mengumbar kepalsuan, maka akan Murka ke Alam ini.sungguh mereka telah jarah dan koyak koyak tanah Samawa", kecamnya. 

Netizen juga berharap dari video tersebut segera di mintai keterangan maksud dan tujuan kegiatan tersebut. 

"Sungguh memalukan, Sai baeng ka skanario  kegiatan nan na, (siapa konseptor dari kegiatan ini) coba tulusuri, Jgan sampai kemajuan zaman lantas nilai- nilai budaya dan kearifan lokal terzdolimi, stop lah kita meniru", tulis Herman Freedom fmms. 

"Percepat dialog lintas tokoh dengan tujuan memperkuat nilai-nilai Kearifan lokal setempat, samawa adalah kota budaya dan religius, pusat peradaban, salam refleksi", tulis Jho Almol. 

Reporter: Muslimin