UNSA, Kuliah Umum Hadirkan Dirjen PDT Bapak Drs. Samsul Widodo,MA -->
Cari Berita

Advertisement

UNSA, Kuliah Umum Hadirkan Dirjen PDT Bapak Drs. Samsul Widodo,MA

Sabtu, 08 September 2018

Foto: seminar di Universitas Samawa, di kota Sumbawa besar. 
Indikatorsumbawa.com - Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar telah melakukan Kuliah Umum yang bertemakan" Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Melalui Pengembangan Ekonomi Digital" pada Sabtu (08/09/18). 

Kegiatan Kuliah Umum tersebut bertempat di Auditorium UNSA selama kurang lebih dua jam yang dimulai dari pukul 13.30 WITA hingga waktu azhar.

Rektor Universitas Samawa Dr. Syafruddin, SE.,MM, memaparkan rasa gembiranya terhadap seluruh tim-tim UNSA yang telah bekerjasama menyukseskan kegiatan Kuliah Umum tersebut, mengingat kegiatan Kuliah Umum ini dengan persiapan hanya dalam waktu satu hari.

"Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Drs. Samsul Widodo, MA yang telah berkenan hadir untuk memberikan ilmu dan motivasi terkait tema kepada mahasiswa UNSA", tuturnya.

Drs. Samsul Widodo,MA selaku narasumber menjelaskan beberapa daerah di Indonesia sudah memanfaatkan pengembangan ekonomi digital seperti pada daerah Soe, Kupang. Soe sebagai daerah penghasil alpukat terbaik mampu memasarkan hasil buminya melalui media digital atau yang lebih dikenal dengan berbagai situs online saat ini.

"Selain di Soe, beberapa kelompok mahasiswa telah memanfaatkan teknologi dalam memasarkan barang(produk), salah satunya bawang. Di pedesaan bawang dihargai Rp. 6.000 per kilogram, namun ketika bawang itu di jual di perkotaan maka harganya begitu fantastik hingga Rp. 100.000 per kilogram", tuturnya.

Drs. Syamsul juga menambahkan tentang manfaatnya ekonomi digital. 

"Selain itu dengan memanfaatkan teknologi kita juga dapat menjalankan usaha jasa seperti gojek, usaha kotak amal melalui situs online, saya merasa mahasiswa Universitas Samawa juga tak kalah dalam hal memanfaatkan perkembangan teknologi dan tak kalah saing dengan mahasiswa-mahasiswa yang ada diwilayah Indonesia. Apalagi NTB, khususnya daerah Sumbawa yang kaya akan sumber daya alamnya", tuturnya kembali.

Suasana kuliah umum semakin seru dan dilanjutkan dengan sesi tanyajawab antara nara sumber dan peserta kuliah umum.

Selanjutnya Rektor UNSA berharap peraturan pemerintah perlu memihak kepada swasta. 

"Harapan UNSA, hal-hal yang dapat difasilitasi melalui kerjasama antara UNSA dengan kebijakan negara. Pemerintah mungkin bisa mengubah paradigma bahwa pemerintah bukan hanya membantu negeri akan tetapi swasta juga perlu. Swasta yang telah berkontribusi membantu pemerintah untuk masyarakat dan negara, dan aturan pemerintah perlu memihak pada swasta pula kita, ini adalah beberapa problem yang saat ini kami rasakan", tambahnya.

Reporter: Desi Susanti
Editor     : Muslimin