Ingatkan Bahaya Politik Uang, Ketua Panwascam Batulanteh Paparkan Strategi -->
Cari Berita

Advertisement

Ingatkan Bahaya Politik Uang, Ketua Panwascam Batulanteh Paparkan Strategi

Minggu, 29 Desember 2019

Foto: alfian haris

Indikatorsumbawa.com - Cegah Politik Uang Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Batulanteh, Alfian Haris mengingatkan kerawanan money politic yang terjadi di wilayah pegunungan batulanteh, Sumbawa, [29/12/19].

Pilkada 2020 merupakan sarana kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin daerahnya seperti Gubernur, Bupati atau Walikota. Kontestasi yang dilakukan dalam lima tahun sekali ini juga disebut sebagai pesta demokrasi dalam bentuk yang real dan nyata. Untuk mewujudkan hak demokrasi masyarakat tersebut perlu adanya pengawasan yang melekat khususnya di wilayah yang masih sulit dijangkau karena permasalahan infrastruktur khususnya di wilayah kecamatan batulanteh Kab. Sumbawa ini.

Batulanteh bisa dikatakan sebagai salah satu wilayah yang paling berat untuk diawasi, mengingat kondisi geografis daerah tersebut merupakan daerah pegunungan dan atau perbukitan sehingga kami teman-teman Panwascam batulanteh yang merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu kabupaten Sumbawa perlu merumuskan strategi-strategi khusus dalam melakukan pengawasan, imbuh Bung Fiyo sapaan akrabnya.

Dalam keterangan tertulisnya Ketua Panwascam Batulanteh ini menerangkan hal utama yang perlu dilakukan ialah penguatan internal panwascam batulanteh seperti penguatan SDM dan peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil yang baik . karena kontur jalan yang belum memadai akibat berlumpur dan terjal saat masuk musim penghujan sehingga kita perlu kerja-kerja yang maksimal dalam pengawasan.

Selanjutnya memberikan edukasi terhadap masyarakat serta bekerjasama dengan seluruh stackholder agar informasi tentang larangan yang tidak diperbolehkan dalam berdemokrasi dapat sampai pada seluruh masyarakat.

Tentunya kami akan melakukan mekanisme dengan cara berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam kebijakan serta keamanan seperti aparat Kepolisian, Danramil, Camat hingga tingkatan RT/RW, agar terwujudnya demokrasi yang aman, bersih, jujur dan adil. Dan juga akan melibatkan Pengawan Partisipatif baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya.

Lanjut lagi, Bung Fiyo Ketua Panwascam ini mengatakan, pengawasan yang kami lakukan nantinya tetap melalui mekanisme tahapan-tahapan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan kami juga berharap kepada  Bawaslu Kabupaten Sumbawa untuk lebih responsif atas kondisi yang terjadi di Kecamatan yang masih sulit untuk diakses apabila terjadinya masalah-masalah dalam proses pengawasan, tutupnya. (Den)