FSPMI Menerima Kunjungan Perwakilan Buruh OS PLN Wilayah Selatan Sumbawa -->
Cari Berita

Advertisement

FSPMI Menerima Kunjungan Perwakilan Buruh OS PLN Wilayah Selatan Sumbawa

Kamis, 17 Juni 2021



Indikatorsumbawa.com - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menerima kedatangan sejumlah perwakilan buruh Out Shourching (OS) PLN  dari berbagai wilayah Selatan Kabupaten Sumbawa, diantaranya dari Kecamatan Ropang, Lantung dan Moyo Hilir, pada Kamis (17/06) pagi.  

Kedatangan perwakilan buruh OS PLN wilayah Selatan ini bertujuan untuk meminta agar pihaknya bisa ikut bergabung kedalam FSPMI guna untuk melindungi hak-hak normatif pekerja, seperti upah pokok, tunjangan, upah lembur sampai dengan kehidupan layak, juga waktu kerja yang harus sesuai dengan UU ketenagakerjaan.


Dari pertemuan yang diadakan tersebut, pihaknya bersama dengan perwakilan buruh OS PLN Wilayah Selatan Sumbawa menyepakati untuk mengatur jadwal pertemuan selanjutnya guna memberikan pendidikan dasar serikat pekerja dan melengkapi administrasi pemberkasan untuk pencatatan ke Disnakertrans Kabupaten Sumbawa.

Hal ini dijelaskan oleh Rusman Rabbarani, ketua bidang hukum dan advokasi DPW FSPMI NTB saat dikonfirmasi oleh media ini di sektariat bersama (sekber) Buruh Kabupaten Sumbawa, jalan Kebayan, Uma Sima belakang kantor BPK3 Pulau Sumbawa. 

Dijelaskan Rusman, akrabnya disapa pemuda asal Desa Labu Bontong ini, bahwa langkah-langkah yang sudah dilakukan pihaknya di Sumbawa adalah mengorganisir buruh yang ada di beberapa perusahaan seperti PLTD Boak, PLTMG Kanar, dan Pertamina PT LAM Badas. 
Selain itu, sambungnya, pihaknya juga menyelesaikan kasuistik kawan-kawan buruh seperti kasus di PLTD Boak yang dimana buruh diperusahaan tersebut upahnya dicicil selama 4 tahun, belum lagi upah lembur tidak terbayarkan sampai dengan THR telat dibayar. "Setelah kami advokasi, alhamdulillah semuanya selesai dan hari ini kembali bekerja sesuai dengan hak normatif Kawan-kawan buruh di perusahaan tersebut," urai Rusman. 

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa tujuan dibentuknya serikat pekerja ini guna pihak perusahaan memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja dan keluarganya. 
"Hampir setiap hari kami di DPW FSPMI NTB mengkampanyekan kepada seluruh buruh yang ada di NTB, bahwa pentingnya berserikat sebagai kapal besar perjuangan Kawan-kawan buruh," jelasnya. 
Sambungnya, mengingat buruh dalam bekerja banyak mendapatkan perlakuan senonoh atau ketidakadilan dari pihak perusahaan, sehingga sangat penting dirasa untuk buruh bergabung di Serikat Pekerja. (Red)