Membentuk Generasi Milenial Yang Berjiwa Pancasilais -->
Cari Berita

Advertisement

Membentuk Generasi Milenial Yang Berjiwa Pancasilais

Sabtu, 26 Juni 2021

    Dyrajulianti – Anggota GMNI Sumbawa 


Indikatorsumbawa.com - Seperti yang kita ketahui Indonesia menganut sebuah ideologi yang dikenal dengan sebutan “Pancasila”. Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Pancasila mengandung lima (5) sila penting yang mencerminkan idealisme atau cita-cita bangsa Indonesia.


Kita sebagai generasi milenial tidak bisa hanya duduk santai dan menikmati kemerdekaan saat ini, namun kita kaum milenial harus mampu berperan aktif mewujudkan Indonesia yang harmoni, damai, adil melalui penghayatan nilai-nilai luhur Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari kita sebagai generasi milenial. Generasi milenial kini berada di usia produktif yang memiliki peranan penting untuk kelanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa depan. Seiring berkembangnya globalisasi dan digitalisasi menjadikan generasi milenial unggul dalam hal kreativitas dan kemudahan dalam menghubungkan dirinya dengan dunia luar.



Generasi milenial cenderung menginginkan segalanya serba instan dan interaksi antar budaya yang terbuka mengakibatkan generasi ini mudah dipengaruhi oleh pikiran dan perilaku. Di titik itulah Pancasila relevan dan berperan penting untuk kita generasi milenial. Tetapi generasi milenial melupakan pentingnya Peran Pancasila di kehidupan sehari-hari. Karena terlalu berfokus pada teknologi sehingga pengetahuan tentang Pancasila semakin lama semakin memudar. Maka dengan itu Pancasila harus dijadikan acuan bagaimana generasi milenial dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam kehidupan sehari-hari. Pada hakekatnya generasi milenial harus terus memelihara dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan, generasi milenial harus sadar bahwa nilai-nilai Pancasila yang dicantumkan dalam Pancasila bukan hanya untuk dihafal, tetapi harus diterapkan pada diri sendiri dan menyebarkannya kepada generasi milenial lain yang sama-sama berperan penting dalam menciptakan Indonesia yang damai, aman dan tentram.


Dengan menumbuhkan semangat Pancasilalis, generasi milenial dapat memimpin bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Karena generasi milenial adalah generasi penerus bangsa. Marilah kita bersama-sama nyalakan api semangat untuk membangun Indonesia yang jaya pada kehidupan yang lebih baik lagi di masa mendatang menuju kedamaian. (***) 


Penulis: Dyrajulianti