PMM UMM Kakiang 46 Gandeng Sasambo Youth Education Gelar Symposium Nasional -->
Cari Berita

Advertisement

PMM UMM Kakiang 46 Gandeng Sasambo Youth Education Gelar Symposium Nasional

Rabu, 30 Juni 2021



Indikatoraumbawa.com - Symposium Nasional telah dilaksanakan pada Minggu (27/06/2021). Tidak ingin tertinggal dan terus membahas terkait pandemi covid-19, Program Pengabdian Masyarakat (PMM) oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Sasambo Youth Education (SYE NTB) menyelenggarakan serangkaian acara symposium yang bertemakan “Students : Aiming at Indonesia’s Pandemic Condition”.
Chief Strategy Officer SYE NTB Siti Laila Ismiratul Hilali selaku pembuka acara menyampaikan pentingnya mengikuti symposium nasional ini untuk menambah pengetahuan. “Acara symposium ini sangat penting dan bermanfaat untuk pemuda khususnya dan masyarakat pada umumnya, meski di laksanakan secara online. Laila berharap seluruh panitia harus tetap menjaga semangatnya. Dan juga tidak lupa ucapan terimakasih kepada para pemateri dan seluruh panitia yang telah menyelenggarakan acara symposium nasional untuk menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus menyambung tali silaturahmi,” katanya.


Selanjutnya pada sesi materi, yang membahas berbagai aspek tentang dampak, masalah dan solusi covid-19. Fadillah Ahmad Nur mahasiswa Pendidikan Agama Islam dari Universitas Muhammadiyah Malang selaku ketua PMM UMM sekaligus Chief Excecutive Officer SYE NTB sebagai pemateri bidang agama, Affan Aswin mahasiswa kedokteran dari Universitas Mulawarman sebagai pemateri bidang kesehatan, Raisya Azzahra mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Indonesia sebagai pemateri bidang ekonomi, Alliya Imani Zahra mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai pemateri bidang pendidikan dan Tri Wibowo mahasiswa hukum Universitas Diponegoro sebagai pemateri bidang hukum.

Para pemateri memaparkan materi terkait masalah, solusi dan peran generasi muda selama masa pandemi covid-19, tidak mudah percaya berita yang tidak jelas sumbernya/hoaks, selalu menjadi tauladan dalam menaati protokol kesehatan, serta taat pada aturan agama dan negara. Acara dilaksanakan mulai pukul 20.00-22.30 WITA yang di pandu langsung oleh Rizkia Nabilla selaku sekretaris PMM UMM Kakiang 46 dan M. Ikhsan dari pengurus SYE NTB.

Symposium berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh kalangan mahasiswa, dosen hingga masyarakat umum, para peserta juga sangat antusias karena panitia disela-sela acara diadakan sesi ice breaking dan pemenangnya di berikan hadiah, pada kesempatan tersebut di pandu langsung oleh gita dan hakim selaku panitia pelaksana dari SYE NTB.

Pada sesi tanya jawab, peserta juga antusias semua pertanyaan yang di lontarkan ada pada setiap bidangnya, pemateripun menjawabnya sesuai dengan fakta, data, analisa dari berbagai ahli dan sumber baik dari Indonesia dan juga mancanegara. Meski ada salah satu pemateri yang tidak bisa hadir yaitu Tri Wibowo karena terpapar covid-19 di bali dan harus mengikuti karantina, sehingga materi hukum tidak dapat di paparkan pada symposium. Di akhir acara, Adil selaku pemateri agama turut mengajak para peserta untuk mendoakannya dan mendokan seluruh pasien covid-19 agar segra sembuh dan mendoakan seluruh warga Indonesia yang sehat agar tetap selalu di berikan kesehatan dan lindungan dari Allah SWT. 

Para peserta berharap acara seperti ini dapat dilanjutkan kedepannya dengan tema-tema yang menarik untuk memberikan solusi dari berbagai permasalahan khususnya di NTB dan umumnya untuk Indonesia. Kemudian panitia penyelenggara dari SYE NTB pun mengiyakan akan hal tersebut karena selama terus berusaha memberikan yang terbaik untuk generasi muda di NTB. (Zan)