TBM Pelita Jang Oetama Resmi Dibuka -->
Cari Berita

Advertisement

TBM Pelita Jang Oetama Resmi Dibuka

Kamis, 24 Juni 2021

Foto. Ketua YPJO, Dr Ari Kamayanti, Koordinator YPJO Regional Sumbawa, Dea Guru Syukri Rahmat SAg,

Indikatorsumbawa.com - Taman Baca Masyarakat (TBM) Pelita Jang Oetama yang berlokasi di Dusun Pelita Masa, Desa Kelawis, Kecamatan Orong Telu secara resmi telah dibuka pada Selasa (22/06) sore. 

Dalam peresmian TBM Pelita Jang Oetama yang diinisiasi oleh Yayasan Peneleh Jang Oetama (YPJO) ini dihadiri oleh Dewan Pembina YPJO, Dr Aji Dedi Mukawarman, Ketua YPJO, Dr Ari Kamayanti, Koordinator YPJO Regional Sumbawa, Dea Guru Syukri Rahmat SAg, Pemerintah Desa Kelawis, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta anak-anak desa setempat. 



Dalam sambutannya, Ketua YPJO, Dr Ari Kamayanti, menjelaskan bahwa dengan dibukanya TBM ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat yang ada disana, karena buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang akan didapatkan. 

"Semoga dengan dibukanya TBM ini, mampu meningkatkan minat baca masyarakat disini, terutama pemuda dan anak-anak kami disini. Kami juga berharap, dengan membaca buku, aktifitas bersama smartphone bisa dikurangi," harapnya. 

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa proses pembangunan masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup akan dilaksanakan dalam waktu dekat dan diharapkan proses akademiknya resmi dibuka pada tahun 2024 mendatang. 

"Kami memohon do'a kepada Bapak Ibu yang ada disini, semoga proses pembangunan masjid kampus bisa berjalan lancar, " urainya. 

Dijelaskannya, meskipun proses akademik masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup ini belum berjalan, namun program-program untuk mendukung masjid kampus tersebut sudah mulai dilakukan, salah satunya dengan membuka Taman Baca Masyarakat (TBM) ini. 

Sementara itu, Koordinator YPJO Sumbawa, Dea guru Syukri Rahmat SAg, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada YPJO karena telah memilih NTB sebagai tempat pembangunan masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup. Menurutnya bahwa yayasan ini sangat konsen terhadap kebudayaan dan wawasan kebangsaan. 

Sementara itu, Abdul Muis, perwakilan pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada YPJO atas dedikasinya selama ini terhadap desanya. Menurutnya kehadiran YPJO di Desa Kelawis sangat membantu pemerintah desa dalam hal pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia disana. 

Diakuinya juga, bahwa TBM Pelita Jang Oetama ini merupakan TBM pertama yang ada di wilayah Kecamatan Orong Telu. 

"Kami dari pemdes sangat berterima kasih keada YPJO karena sangat membantu kami dalam hal pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Kehadiran YPJO ini sangat berdampak bagi kami masyarakat disini. Kami sangat berterima kasih kepada YPJO," jelasnya. 

Kegiatan peresmian TBM ini ditandai dengan penyerahan ratusan buku oleh ketua YPJO kepada koordinator YPJO Sumbawa, dan kemudian diserahkan kepada pihak pemerintah desa. 

Selain penyerahan buku bacaan, kegiatan juga dirangkaikan dengan penyerahan alat dan bahan pembuatan sabun dari YPJO kepada ibu-ibu PKK Desa Kelawis. Sebelumnya, PKK Desa Kelawis telah diberikan pelatihan pembuatan sabun selama beberapa bulan oleh pihak YPJO. 

Ketua YPJO juga berharap, PKK setempat mampu memproduksi sabun dari hasil alam yang ada disana, dan mampu mensuplai sabun ke seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa. (Zan)