Pelepasan Mahasiswa Magang Kelompok 14 PAI UMM penempatan SMP MBS At-Tanwir Maronge -->
Cari Berita

Advertisement

Pelepasan Mahasiswa Magang Kelompok 14 PAI UMM penempatan SMP MBS At-Tanwir Maronge

Selasa, 03 Agustus 2021

Foto. Pembukaan magang dilaksanakan secara virtual

Indikatorsumbawa.com, Sumbawa - Kegiatan magang Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang tetap dilaksanakan meski pada masa Pandemi Covid-19 Senin (02/08/2021). Kegiatan magang bersifat Dartol (Daring Total), menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah dalam masa Pandemi, untuk pembelajaran daring, khususnya di wilayah Jawa.


Fadillah Ahmad Nur dan Fiqri Rabuna merupakan mahasiswa PAI UMM yang berasal dari Sumbawa, NTB. Menggunakan kesempatan magang untuk mengabdi di daerah sendiri dengan memilih tempat di SMP Muhammadiyah Boarding School At-Tanwir Maronge, Sumbawa, NTB.


Pemilihan tempat dengan persetujuan pihak SMP dan juga persetujuan dari Labolatorium Tarbiyah UMM. Menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran pada sekolah, ternyata SMP MBS At-Tanwir Maronge merupakan pesantren dan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka 100%. Karena lokasi yang strategis, tidak dekat dengan permukiman masyarakat.


Pada pembukaan Magang, M. Kamaludin, M.SI yang merupakan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) menyampaikan agar mahasiswa menjaga nama baik diri dan nama baik almamater, melaksanakan magang dengan baik dan sungguh-sungguh. Serta ucapan terima kasih kepada pihak pesantren SMP MBS At-Tanwir Maronge NTB yang terlah menerima mahasiswa UMM.


Urva Julia, S.Pd yang merupakan guru di SMP MBS At-Tanwir Maronge NTB dalam kata penerimaan menyampaikan bahwasanya Universitas Muhammadiyah Malang adalah keluarga dan tak asing lagi, bahkan Rektor UMM pernah berkunjung ke pesantren tersebut, serta memberikan hibah berupa gedung.


Kegiatan magang ini akan berlangsung selama 1 bulan 1 Minggu, di mulai dari 2 Agustus sampai 11 September 2021. Tujuannya memberikan pengalaman mengajar langsung kepada mahasiswa, pengabdian diri, inspirasi skripsi, dan masih banyak lagi.


Adil dan Fiqri berharap, dengan keberadaan mereka magang di SMP MBS At-Tanwir Maronge NTB bisa memberikan warna baru dan menjadikan siswa siswi lebih giat dalam belajar dan meraih cita-cita. (Zan)