Pentingnya Ketahanan Pangan Mahasiswa KKN IISBUD Belajar Teknik Budidaya Hortikultura -->
Cari Berita

Advertisement

Pentingnya Ketahanan Pangan Mahasiswa KKN IISBUD Belajar Teknik Budidaya Hortikultura

Kamis, 19 Agustus 2021

Foto. Mahasiswa KKN IISBUD bersama Pak Junaidi, M.Pd di uma keban


Indikatorsumbawa.com - Bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2021 kelompok KKN Desa Poto Institut Ilmu Sosial dan Budaya Samawa Rea (IISBUD SAREA)  berkesempatan mengunjungi “Uma Keban” milik Pak Junaidi, S.Pd., M.Pd , S.Pd., M.Pd salah satu warga dusun Poto. Di Uma Keban ini peserta Kuliah Kerja Nyata IISBUD SAREA di sambut langsung oleh Pak Junaidi, S.Pd., M.Pd  selaku pemilik dari Uma Keban pada Selasa, (17/08/2021). 


Uma Keban adalah sebuah kebun di tengah persawahan yang mengambil fokus pada Hortikultura atau yang bisa di artikan sebagai budidaya tanaman kebun. Dalam sambutannya Pak Junaidi, S.Pd., M.Pd  berharap teman-teman mahasiswa bisa belajar banyak tentang memanfaatkan lahan sebaik mungkin meskipun dalam waktu yang singkat. 

Di atas lahan yang memiliki luas kurang lebih 40 Are setidaknya terdapat tiga kolam untuk budidaya ikan lele, kandang untuk peternakan kambing, lahan untuk budidaya cabai, dan lahan untuk budidaya sawi. Mahasiswa KKN mendapat penjelasan yang detail mengenai budidaya ikan lele,cabai dan sawi mulai dari proses persemaian sampai ke proses panen.

Pak Junaidi, S.Pd., M.Pd berharap teman-teman KKN nantinya mampu memanfaatkan lahan sebaik mungkin, dengan menggunakan teknik budidaya tanaman kebun dan menerapkan ilmu yang di dapatkan selama melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Poto sebaik mungkin untuk diri sendiri maupun untuk khalyak banyak.

Rahul Gunawan selaku ketua Kuliah Kerja Nyata Desa Poto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pak Junaidi, S.Pd., M.Pd  atas sambutan yang begitu ramah, dia juga mengatakan bahwa setiap jengkal dari Desa Poto adalah pelajaran berharga untuk setiap peserta KKN, selain manfaat untuk diri sendiri, kelompok KKN desa poto juga ingin sepenuhnya mengabdi dan bermanfaat untuk desa sesuai dengan tagline KKN yaitu bangun desa. (Gun)