Gandeng Pemdes Marga Karya Mahasiswa KKN IISBUD Adakan Lomba Kampung Sehat -->
Cari Berita

Advertisement

Gandeng Pemdes Marga Karya Mahasiswa KKN IISBUD Adakan Lomba Kampung Sehat

Selasa, 07 September 2021

Foto. Mahasiswa KKN IISBUD saat turun monitor lapangan


Indikatorsumbawa.com, Sumbawa - Salah satu program Kuliah Kerja Nyata kelompok 10 IISBUD adalah Lomba kampung sehat bekerja sama dengan karang taruna, PPMK (Persatuan pemuda Mahasiswa karya) dan pemerintah desa marga karya. 


Lomba yang di mulai dari tanggal 24 agustus 2021 dan penilaiannya tgl 6-7 september 2021 dengan tema lomba "Merawat Kebersamaan Dalam Bingkai Kesehatan". Masyarakat Desa Marga Karya begitu antusias dalam lomba tersebut, masyarakat begotong royong membersihkan lingkungannya agar terlihat bersih. 


Nindy Elma Sanjaya selaku Ketua KKN kelompok 10 Desa Marga Karya saat di lokasi, pada selasa (07/09/2021). Mengatakan kegiatan seperti ini harus tetap dirawat agar semangat gotong royong selalu terpatri dalam hati masyarakat terutama masyarakat Desa Marga Karya. 


Lebih lanjut bung Nindy yang akrab disapa, menjelaskan bahwa lomba kampung sehat sangat relevan dengan situasi hari ini, apalagi negara kita masih di selimuti pandemi covid 19. 

"Tentunya kegiatan seperti ini sebagai pemantik terhadap masyarakat bahwa pentingnya menjaga lingkungan sekitar supaya bersih agar terhindar dari penyakit". Jelasnya. 


Untuk penilaiannya sendiri, ia menerangkan telah bekerja sama dengan Bhabinkamtimas, Babinsa, dan Pendamping Desa Marga Karya. 


Sementara itu Ketua PPMK M. yahya muhaimin mengatakan bahwa pemuda merupakan aktor perubahan di tengah masyarakat. 

"Dengan diadakannya Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat RT se-Desa Marga Karya ini bertujuan untuk meningkatkan Kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan." Ucapnya. 


Turut menambahkan Roni kurniawan S.T Ketua Karang Taruna Desa Marga Karya sangat berterima kasih kepada teman-teman KKN IISBUD kelompok 10 yg telah berkolaborasi menuangkan ide dan gagasan mengadakan lomba kampung sehat untuk Desa Marga Karya.

"Kami sangat mengapresiasi dan menyambut positif langkah dan terobosan  yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN IISBUD yang sudah berkolaborasi dengan Pemerintah Desa." Pungkasnya. 


Terakhir, dalam rangkaian kegiatan tersebut Kepala Desa Marga Karya bapak Syafarudin sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan juga sangat berterima kasih kepada teman-teman KKN, PPMK , Karang Taruna dan masyarakat yang terlihat begitu antusias. 

"Saya berharap ke depan pemuda harus tetap tampil menjadi aktor dalam pengabdian dan semoga kegiatan ini adalah tonggak kemajuan dalam membangun Desa". Harapnya. (pus)