Sasambo Youth Education NTB Gelar Forum Diskusi Kepemudaan dan Kepeloporan -->
Cari Berita

Advertisement

Sasambo Youth Education NTB Gelar Forum Diskusi Kepemudaan dan Kepeloporan

Senin, 06 Desember 2021

Wakil Ketua I DPRD Sumbawa  bersama pemuda pelopor


Indikatorsumbawa.com, Sumbawa Besar - Forum Diskusi Kepemudaan dan Kepeloporan yang diselenggarakan oleh Sasambo Youth Education NTB 2021 Sukses Digelar, Ahad (05/12/2021) kemarin. Perhelatan tersebut telah menjadi wadah untuk bertemunya seluruh pemuda hebat Sumbawa.


Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.30 WITA di Aula Lantai 3 kantor bupati Sumbawa ini , juga menjadi tempat saling berbagi mimpi dan sinergi antara puluhan peserta yang hadir.


Acara yang diinisiasi oleh Sasambo Youth Education NTB ini, berkolaborasi dengan mahasiswa dari kampus Universitas Samawa, Universitas Teknologi Sumbawa, STKIP Paracendikia NW Sumbawa, dan STAI NW Sumbawa, sebagai panitia pelaksana.


Laporan Ketua Pelaksana dari Fadillah Ahmad Nur yaitu Founder Sasambo Youth Education NTB yang merupakan pemuda pelopor nasional Kemenpora RI tahun 2021, menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh 100 pemuda Sumbawa, berharap agar kedepannya pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan kepemudaan agar benar-benar terwujudnya Sumbawa Gemilang yang berkeadaban!pangan


Adil sapaan akrab ketua pelaksana yang merupakan pemuda asal desa Kakiang juga mengucapkan terima kasih karena kegiatan ini direspon cepat dan diapresiasi penuh oleh Wakil Ketua 1 DPRD Sumbawa yaitu Drs. Muhammad Ansori.


"Alhamdulillah, kami masih bisa dipertemukan pemimpin yang responsif terhadap kegiatan kepemudaan di hari ini, terima kasih bapak wakil ketua 1 DPRD Sumbawa." Ucap Adil


Acara dibuka secara resmi oleh Drs. M. Ansori (Wakil Ketua 1 DPRD Sumbawa), dalam sambutannya yang begitu semangat karena turut melihat antusias pemuda Sumbawa dalam kegiatan tersebut, beliau mengutip perkataan bung Karno : "Berikan aku 100 orang tua, maka ku cabut Semeru hingga ke akar-akarnya, berikan aku 10 pemuda maka akan ku goncangan dunia". Hari ini saya bersama 100 pemuda yang akan berkiprah membangun dan memimpin Sumbawa di masa yang akan datang. 


Selain itu, wakil ketua DPRD Sumbawa juga mengajak para pemuda untuk mendoakan warga Lumajang yang berada di Semeru, semoga dalam lindungan Allah". 


Pada forum diskusi ini juga turut hadir, Kabid Kepemudaan Dispora, perwakilan Dikbud, Perwakilan Kemenag Sumbawa, Kasat Pol PP, dan Kepala Desa Kakiang.


Pada sesi penyampaian materi yang di sampaikan oleh 5 pemuda pelopor Sumbawa yaitu :

1. Fadillah Ahmad Nur merupakan Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional bidang Pendidikan

2. A. Rahman merupakan Juara 1 Pemuda Pelopor Provinsi NTB bidang Teknologi Inovasi yang diwakili oleh Mia Murni MP.

3. Isro Sujain Billah merupakan Juara 3 Pemuda Pelopor Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata.

4. Samsun Amri merupakan Juara 3 Pemuda Pelopor Provinsi NTB bidang Agama, Sosial, Budaya.

5. Sakinah Maulidya merupakan Juara 1 Pemuda Pelopor Kabupaten Sumbawa Bidang pangan.

Acara yang digelar sampai malam siang ini, melibatkan UMKM atau Wirausahawan Muda untuk menyediakan kuliner dan mempromosikan produknya kepada peserta. 

Acara ini juga dimeriahkan oleh Penampilan Tari Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo) yang merupakan persembahan dari Pemuda Desa Kakiang.


Tak disangka, pada sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Gita Maharani selaku moderator, antusias pemuda Sumbawa begitu luar biasa. Karena banyak peserta yang mengangkat tangan bahkan berdiri, karena gak sabar ingin bertanya dan mengungkapkan pendapatnya. 


Adil merupakan ketua pelaksana Forum Diskusi Kepemudaan dan Kepeloporan 2021 mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir pada acara tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara yang sangat luar biasa ini. “saya berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir terutama kepada panitia yang luar biasa, Together Stronger,” ungkapnya haru.


Menurutnya, acara ini dilaksanakan sebagai ajang menemukenali potensi diri, silaturahmi dan kolaborasi bagi pemuda hebat Sumbawa dalam rangka menyambut tahun baru 2022 mendatang. Sesuai dengan tema yang diangkat : Mahakarya Pemuda Sumbawa, Berkolaborasi Membangun Negeri. Bahkan SYE NTB mencanangkan 2022 program COC (Central of Collaboration).


Menurut adil, pemuda Sumbawa sangat membutuhkan suport dari berbagai pihak. Para pemuda juga membutuhkan wadah untuk menuangkan kreatifitas dan inovasinya. Sebab, sangat banyak pemuda hebat di Sumbawa, namun mereka masih jalan sendiri. Besar harapan kami kepada pemerintah, acara seperti ini bisa dijadikan acara rutin tahunan bahkan untuk skala lebih besar dan ada tindaklanjutnya setelah forum diskusi.


Untuk informasi, Sasambo Youth Education NTB atau (@sye_ntb) melalui akun Instagram telah membuka pendaftaran calon pengurus baru dari 5 hingga 20 Desember 2021 yang terbuka untuk seluruh pemuda se-NTB. (Red)