Undang Beberapa Tokoh Berpengaruh, SYE Siap Menjadi Garda Terdepan untuk Memajukan Literasi di NTB -->
Cari Berita

Advertisement

Undang Beberapa Tokoh Berpengaruh, SYE Siap Menjadi Garda Terdepan untuk Memajukan Literasi di NTB

Kamis, 24 Februari 2022

Foto. SYE NTB di SMA Negeri 1 Empang


Indikatorsumbawa.com - Sasambo Youth Education (SYE) Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil mengadakan kegiatan Ekspedisi dan Talkshow yang mengangkat tema “Dengan Semangat Literasi dan Menjunjung Tinggi Akhlaqul Karimah, Wujudkan Generasi Gemilang yang Berkeadaban,”.


Kegiatan ini diadakan pada 19-20 Februari 2022 dan diselenggarakan di dua lokasi dalam waktu yang sama yaitu di SMAN 1 Empang dan SDN Labuhan Jambu.


Kelas Ekspedisi dan Talkshow diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan yaitu (19/02/22) di SMAN 1 Empang dan SDN Labuhan Jambu. 

Pada sore hari pukul 16:30 - 17:30 di adakan kegiatan kebersihan di Masjid Labuhan Jambu dan hari berikutnya pada (20/02/22) diadakan kegiatan kebersihan di SDN Labuhan Jambu. 

Adapun dereten tokoh berpengaruh yang menjadi pemateri sekaligus tamu istimewa di SMAN 1 Empang yaitu Bapak Sopian S.Pd., M.Pd dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Ibu Sahra S.H dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sumbawa, Bapak Abdul Rais S.H sekalu Camat Kec. Empang, perwakilan UPT puskesmas Kec. Empang oleh Bapak Madamping, dan Bapak Junaidi S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Empang. 


Selain itu, di SDN Labuhan Jambu juga diramaikan oleh beberapa tokoh inspiratif seperti Bapak Adiat Hasan S.Ag selaku perwakilan Kementrian Agama Kabupaten Sumbawa, beberapa Wali Murid, perwakilan beberapa guru hebat SDN Labuhan Jambu, dan Ibu Latifah S.Pd selaku Kepala Sekolah.


Kegiatan ini diikuti oleh 35 Siswa dari setiap perwakilan masing-masing kelas di SMAN 1 Empang dan 30 Murid di SDN Labuhan Jambu. “Literasi sangat berkaitan erat dengan tingkat membaca, menulis, dan memahami apa yang menjadi bagian-bagian di dalamnya. 

Dalam literasi, ada dua macam yaitu literasi non digital dan literasi digital. “Anak-anakku sekalian, adapun yang perlu dijunjung tinggi yaitu Akhlaqul Karimah untuk mencapai generasi yang gemilang dan berkeadaban. 


Anak-anakku sekalian, perlu kita tanamkan tema ini menjadi satu kesatuan yang utuh dan ditanamkan di dalam diri anak-anankku sekalian” Ucap Pak Rais S.H selaku Camat Kec. Empang yang membuka dan meriahkan kegiatan Ekspedisi dan Talkshow pada hari itu. 


Semoga kegiatan Ekespedisi dan Talkshow Literasi ini dapat mewujudkan generasi NTB yang gemilang seperti yang dicita-citakan oleh tokoh publik dan tokoh masyarakat NTB dan Indonesia.


 “Dengan adanya kegiatan Kelas Ekspedisi dan Talkshow ini saya berharap kepada kita semua agar bisa mewujudkan cita-cita bangsa dan negara ini, terutama untuk kabupaten Sumbawa, dan saya sangat berharap kepada kita semua selaku generasi muda, agar menjadi generasi yang memiliki akhlak baik sehingga benar-benar menjadi generasi yang gemilang, berprestasi, dan berkeadaban.” Ucap Ardiansyah selaku ketua panitia dan sekaligus menutup kegiatan pada hari itu.


Kami Sasambo Youth Education selalu menerima dukungan, doa baik, dan kerja sama dari komunitas atau lembaga manapun untuk sama-sama mendorong kemajuan untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat tercinta. (NH)